Pater Wijbrand

Pater Wijbrand
CRESCAT ET FLOREAT

Mar 4, 2009

Hidup itu Anugerah!

Hi kempul mana temen u si gong itu?hahaha julukanya lucu. Meskipun kita tidk pernah saling ketemu dan berekanalan tetapi kita tetap satu didalam SM tentunya dengan Kristus Tuhan kita.
Mengapa kempul minder dengan banyaknya temen2 menjadi pastor? Jadi apapun itu adalah suatu anugerah hidup yang diberikan Tuhan kepada setiap individu. Kalau kita pikirkan dan renungkan dalam-dalam sebenarnay menjadi katekis itu adalah sangat mulia karena melalui seorang katekis seseorang bisa menjadi mengenal Kristus lebih dalam dan akhirnya diimani. Tanpa katekis Gereja Katolik tidak akan pernah berkembang, jangan lupa dalam sejarah gereja banyak orang menjadi percaya dan Gereja Katolik bisa berkembang di daerah2 yang sulit itu karena jasa seorang katekis, bukan jasa seorang pastor. Baru setelah jemaat mulai berkembang barulah diutus seorang pastor untuk melayani sakramen. Jadi sebenarnya talenta seorang katekis yang sangat mulia lebih dari seorang pastor seperti peran para guru2 pada umumnya.
Kebanyak orang melihat hidup seorang pastor itu enak dari previlagenya saja, tetapi sebenarnya tugas yg amat berat karena pastor itu yg harus menajga domba2 dan menghantar mereka sampai ke gerbang keadadian bersama Kristus, maka jika seorang pastor dalam menjalankan tuas kegembalaannya itu tidak bertanggungjawab atas keselamatan umatnya alias pastor yang lalai akan tugasnya melayani umat dengan lebih mengedepankan privelagenya, jiak diperlukan umat tidak langsung dilayani melainkan alasan sibuk dengan tugas2 komisi or lainnya. Padahal tugas utama seorang pastor adalah melayani umat, jika tugas2 komisi itu juga unt umat tetapi itu adalah pekerjaan yg berikutnya bukan yang utama. Hal ini sering menjadi keluhan dari umat, dan akhirnya umat pada kecewa sehingga pindah gereja. Itu adalah tanggung jawb moral seorang pastor jika ada dombanya pergi, bukan salah dombanya tp salah pastornya yang lalai dlam melayani umatnya. Maka kempul u tidak usah gelisah bahkan irihati melihat seorang pastor, jika u dapat menajadi seorang katekis yang sangat dicintai oleh para murid dan ingat menjadi katekis jangan karena materi melulu tp kepuasan batin yg utama yaitu ikut serta dalam karya penyelamatan Kristus secara real bukan hanya berkotbah saja.
Disini saya tidak bermaksud hendak melecehkan peran seorang pastor tetapi ini adalah suatu realita yang memang benr terjadi dalam kehidupan gereja kita, pastor dilihat hanya sebagai sesuatu yang hebat ttapi dalam kehebatannya itu ada suatu tanggungjawab yang sangat hebat juga, jadi seimbangkan. Siapa yang mendapat banyak akan diambil juga lebih banyak dari dirinya. Yang penting jadilah dirimu sendiri sesuai dengan kemampuan dan bakat yang diberikan oleh Tuhan kepadamu, jangan ingin jadi orang lain yang belum tentu dapat membahagian seperti yang kita lihat lewat mata dan sering menipu..
Kempul ini bukan nasehat lho tp ak mendorong dirimu untuk menjadi dirimu saja bukan menjadi diri orang lain, enak bagi orang lain belum tentu enak untk dirimu sendirikan. Ok sukses aja deh dan nikmati saja pekerjaan yang u jalani.
Salam dariku
Antonius Wongso, angkatan 1986

No comments: